Pasiar Murah di Australia

Belajar di Australia son komplit kalo son pernah pasiar keliling ini negara benua. Kalo orang bilang he’e pi sana mau kiliah ko bajalan? Tinggal sa bilang memangnya lu pi trus balajar setiap hari ko. Waktu balajar di Australia son sama deng di Kupang hang.
IMG_0675
Foto 1. jalan Dukes Highway ke Melbourne

Di sini kitong kuliah Senin – Jumat tetapi itu ju kalo setiap hari ada. Sistem kuliah di Australia terutama Australia Selatan, 1 semester mahasiswa hanya boleh ambil paling banyak 18 unit. Ada yang 1 mata kuliah terdiri dari 4.5 unit, 9 unit, 13.5 dan 18 unit untuk tulis thesis. Ada mata kuliah yang diajarkan secara online karena mungkin sedang ambil cuti tahunan tetapi mata kuliahnya tetap diajarkan secara, ato ada dosen yang berasal dari kampus lain di Australia atau kampus di negara. Untuk program master satu semester yang kuliah full time hanya bisa ambil 4 mata kuliah atau maksimal 18 unnits. Kalo ambil 4 mata kuliah, mengandaikan 1 hari kuliah 1 mata kuliah maka dalam seminggu kuliah 4 hari. Tapi terkadang juga dalam 1 hari bisa ada 2 atau lebih mata kuliah. Tapi kalo kuliah satu hari ada 2 mata kuliah maka dalam satu minggu hanya 2 hari sa, kecuali ada tutorial.

Jalan – jalan di Australia bisa dilakukan pada akhir pekan, mid semester atau pun libur semester. Nah, kalua mau pasiar di akhir pekan yah bisa kunjung daerah wisata yang bisa dijangkau dalam sehari atau dua hari. Kalo mo kunjung ke state (provinsi lain) yah bisa dilakukan pada saat libur mid semester yang biasanya jatuh pada bulan April dan September. Lumayan untuk jalan – jalan karena liburnya 2 minggu.
Selama kurang lebe 2 tahun kuliah di Australia su 3 negara bagian yang b kunjung, yaitu Victoria, New South Wales and Australia Capital Territory. Tapaleuk ke berbagai kota di Australia bisa dilakukan dengan naik kereta api, bis, kapal terbang dan sewa oto ko supir sandiri.
IMG_0025
Foto 2. Taman bermain untuk anak – anak yang bias ditemukan di mana saja.

Pengalaman beta saat tapaleuk di Australia yang paling menyenangkan dan paling murah adalah sewa oto ko sopir sandiri. B pernah sopir oto sendiri dari Adelaide ke Melbourne pi pulang sebanyak dua kali, ambil jalur berbeda, be supir oto pi pulang Sydney – Waga – Waga, trus singgah di Canberra. B ju supir ota sewa dari Canberra ke Braidwood bulan April 2016 lalu. Supir sandiri oto itu menyenangkan karena kitong bisa kunjung banyak tempat dan bisa maloi – maloi itu orang bule donk pu kota dan kampong – kampong di daerah pedalaman atau di sini dikenal dengan out back. Jalan- jalan raya di Australia sangat mulus jadi son usah kuatir jalan jauh akan bikin cape. Kitong tinggal perhatikan stir dan rambu – rambu lalu lintas sa. Jalan di sini kalau di tengah kampong kitong bisa lari dengan kecepatan antara 40 – 60 km/jam tergantung dari ramai dan besar kecilnya jalan di kampong itu. Kalau su di luar perkampungan kecepatan oto rata – rata berkisar antara 70 km/jam sampai dengan 120 km/jam. Nah harus hati – hati dengan kecepatan di sini.
IMG_2854
Foto 3. Seatbelt selalau harus terpasang

Kalau kecepatan lewat batas yang ditentukan maka siap – siap kena heke polisi, kalo son kena heke jang pikir bu su aman, tunggu sa lewat 1 atau 2 minggu kalo son ada surat tagihan masuk ke rumah nah itu baru aman sebab di mana – mana ada kamera, kalau di daerah yang son ada kamera ju ada orang yang bisa lapor sang kotong. Di sini kalo kecepatan melebihi batas yang ditentukan bisa kena denda berkisar 400$ (4 jutaan) ke atas. Langgar lampu merah bisa kena denda sekitar 3,5 jutaan ke atas. Palang orang yang bawa sepeda di Adelaide bisa dapat denda sekitar 2,8 jutaan, kalo supir oto sambil pegang hp bisa kena denda 3,7 juta kalo son pake ikat pinggang (seatbelt) kena denda 3,7juta. Makanya kalo supir oto di sini son boleh langgar peraturan.

Jarak antara Adelaide deng Melbourne sekitar 730 km yang bisa ditempuh dalam waktu 8 jam kalo son barenti. Tapi pengalaman b waktu itu ditempuh sekitar 10 jam karena kotong berangkat dari rumah jam 11 siang dan sampe jam 9 malam. Sebenarnya kotong bisa tempuh dalam waktu 8 jam tapi karena kotong bajalan dengan anak – anak. Baru jalan sadiki nah dong su minta makan, minta bermaen. Kotong orang besar ju kalo liat hal yg bae ju mau turun ko maloi. Setiap kurang lebih 20-an km ada tempat istirahat. Ada yang hanya berupa pondok kecil, ada ju yang ada pondok lengkap dengan wc, bahkan ada yang lebe komplet lai, yakni ada taman bermain anak2, tempat BBQ dan ada yang lengkap dengan taman rekreasi. Ada ju tempat barenti yang sediakan minuman gratis (kopi, the, susu) dan snack. Pondok – pondok itu disediakan oleh kelompok relawan dari Salvos (Salvation Army), Lion group, dll. Jadi perjalanan dari kota ke kota atau kota ke kampong di Australia son pernah buat kitong bosan. Malahan bikin kotong ketagihan hehehe.
IMG_2818
Foto 4. salah satu tempat pemberhentian di Alexander Lake ada BBQ grill dan taman

Sekiranya begitu maka setiap libur semester, biar pun hanya 2 minggu sa, b deng istri dan anak – anak pasti pasiar. Selain bisa kunjung banyak tempat, kalo supir sandiri lebih murah. Co bayangkan sa, kami 4 orang kalo naik pesawat, satu kali jalan per orang kurang lebih 60$ kali 4 orang nah hitung su. Kl pi pulang na, mati su, son bisa kemana – mana lai. Kalau sewa oto ya sangat murah, sewa oto untuk satu minggu bisa dapat 200$ dengan asuransi. Oya kalo di sini semua harus diasuransikan, sewa oto harus beli asuransi, beli oto harus asuransi, rumah pun harus asuransi. Asuransi di siini bukan ke di Indo ko makan nasabah buta, di sini asuransi memang ada untuk membantu nasabah. Pengalaman b pu oto macet di tengah jalan ternyata b pu polis su mati tapi saat b telpon donk minta b kasi aktif trus langsung 5 menit bengkel sampai. Kami ju kalo jalan ke mana – mana pasti bawa makanan dari rumah, sampai di mana ada tempat BBQ di situ kitong barenti ko masak untuk makan. Kitong ju jarang makan di warung, setiap kali tinggal di hotel b pu istri su cari hotel yang bisa masak sendiri. Kitong tinggal beli daging, sosis, supermie dan sayur ko masak di hotel. Biasanya juga kitong su beli memang ketupat di Adelaide untuk persediaan selama satu minggu perjalanan. Selain hemat juga sehat.

Di bawah ini b lengkapi foto b pasiar dengan istri dan anak – anak selama di Australia

IMG_1130
Foto 5. Main salju di Mt Buller, Victoria.

IMG_2879
Foto 6. Blue Lake, Mt Gambier South Asutralia.

IMG_3075
Foto 7. Great Ocean Rd, Twelve Appostles, Victoria

IMG_1694
Foto 8. Kunjungi Martina Bunganaen, Waga – Waga New South Wales.

IMG_1772
Foto 9. The Australian Parliament House, ATC.

IMG_1953
Foto 10. Ketemu dua kawan lama di Opera House, Sydney, New South Wales.

IMG_3283
Foto 11. Tempat Siarah Our Lady Ta Pinu Shrine, Victoria

IMG_3370
Foto 12. Gold mining Ballarat, Victoria.

IMG_1870
Foto 13. Blue Mountain: three sisters, New South Wales.

Catatan: tulisan ini sudah pernah dimuat di blog Komunitas Flobamora Adelaide https://saflobamora.wordpress.com/2016/04/28/pasiar-murah-di-australia/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s