Kado Natal untuk Keluarga TKI Flotim

Yos Lagadoni (Bupati Flotim) melepas balon

Larantuka – BNI 46 melaksanakan Berbagi Kasih Natal untuk keluarga TKI Flores Timur yang berlangsung di Taman Kota Larantuka pada Sabtu, 15 Desember 2012. Kegiatan ini dihadiri oleh kurang lebih keluarga TKI asal Flores Timur daratan, pulau Solor dan pulau Adonara, siswa SD Inpres Larantuka, SD Negeri Larantuka dan SMP St. Yoseph Larantuka.

Kegiatan ini dibuka oleh Bupati Flores Timur Yoseph Lagadoni Herin, S.Sos. Dalam sambutannya Lagadoni menyatakan bahwa hasil penelitiannya sebagai wartawan beberapa tahun yang lalu ketika menjadi wartawan di Surabaya adalah proses migrasi yang terjadi di wilayah Flotim sudah berjalan sejak masa kolonialisasi. Dimana banyak orang Lamaholot yang meliputi Flores Timur, Adonara, Solor dan Lembata yang tergabung dalam KNIL saat itu dikirim ke Malaysia untuk berperang dengan pemerintah kolonial Inggris yang menjajah Inggris saat itu dan migrasi itu berjalan hingga saat ini, bahkan orang Lamaholot merasa Malaysia sebagai tanah kelahirnnya yang kedua.

Bupati dan Wakil Direktur Internasional BNI

Wakil Direktur Internasional, Hery Triyanto dalam sambutannya menyatakan bahwa kegiatan Berbagi Kasih Natal untuk Keluarga TKI asal Flores Timur menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan Corporate Social Responsibility yang diambil dari kiriman remitansi BMI di negara penempatan. Lanjut Hery remitansi TKI asal NTT yang berada di negara penempatan yang masuk ke Indonesia sejak Januari hingga November 2012 diperkirakan mencapai 225 miliar.

Keluarga TKI asal Flores Timur mendapat bantuan berupa paket sembako sebesar Rp. 100.000 yang dibeli oleh keluarga TKI dengan menukarkan kupon yang dibelinya seharga Rp. 50.000. Kurang lebih 3000-an keluarga TKI yang mengikuti kegiatan ini mendapatkan paket Kado Natal yang disiapkan oleh BNI. Kegiatan pembagian Kado Natal kepada para keluarga TKI tersebut BNI juga diselingi dengan membagi kaca mata gratis kepada para siswa/i SD dan SMP yang dalam pemeriksaan kesehatan mengharuskannya untuk menggunakan kacamata. Selanjutnya pemberian insentif kepada 5 (lima) Pos Yandu berprestasi di Flores Timur.

Bersama Berton dari BNI Jakarta

Selain itu juga dilaksanakan teleconference yang dilakukan oleh seorang keluarga TKI dengan TKI yang sedang berada di Malaysia. Bersamaan dengan itu dilaksanakan kegiatan pemeriksaan kesehatan secara gratis kepada warga yang hadir dalam kegiatan tersebut. Keluarga TKI Flores Timur merasa terbantu sekali dengan program ini dan mengarapkan BNI dapat melakukan kegiatan pada hari – hari yang akan datang.

Pembagian Kado Natal

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s