Mahnettik menjadi Informasi Center bagi BMI

Peserta pelatihan Mahnettik dari NTB dan TT

Peserta pelatihan Mahnettik dari NTB dan TT

Para Administrator Mahnettik dari dua (2) provinsi, yakni NTT dan NTB bersepakat menjadikan Mahnettik (Rumah Internet untuk TKI) sebagai pusat informasi bagi BMI di dua provinsi ini. Disadari bahwa selama ini para BMI dan keluarganya kesulitan mendapat informasi mengenai proses migrasi yang aman. Akibatnya banyak CTKI yang yang tidak mengikuti prosedur penempatan, seperti pemalsuan dokumennya, penempatan secara ilegal, BMI tidak mengetahui tentang kontrak kerjanya, dll.

Kehadiran Mahnettik ini diharapkan ke depan dapat menjadi pusat data mengenai BMI, baik itu calon BMI, BMI dan purna BMI. Selain itu Mahnettik bisa menjadi sumber informasi terutama untuk mengatasi kesenjangan – kesenjangan informasi tentang peluang kerja, PPTKIS yang baik dan nakal, prosedure migrasi aman serta menjadi pusat penggerak masyarakat dalam mengatasi persoalan – persoalan yang melingkupi BMI dan keluarganya.

Shaleh Ricadu dan Oesy bermain game

Shaleh Ricadu dan Oesy bermain game

Komitmen ini bibangun oleh para administrator dalam kegiatan pelatihan pengelolaan Mahnettik yang dilaksanakan di Hotel Atanaya, Kuta – Bali dari tanggal 3 – 7 Desember 2012. Peserta berasal dari berbagai lembaga lokal yang menjadi dampingan Yayasan Tifa dalam pelaksanaan program Poverty Reduction through Safety in Migration: A Pilot Initiative, antara lain KPSE – Delsos Larantuka yang diwakili – Rado Waleng, Rumah Perempuan Kupang – Oesy Yani, PPSE Atambua – Ricardinu Pareira, Koslata – Sanusi dan ADBMI – Aan. Selain itu hadir dari Yayasan Tifa antara lain Muhamad Nour (Project Manager), Wirawan (Access to Justice Specialist), Yohanes V. L. Usbobo (Project Officer NTT), Muhammad Shaleh (Project Officer NTB), Yohanes Bria (Field Officer Belu) dan Debora Siano (Finance). Kegiatan ini difasilitasi oleh Infest Yogyakarta yang diwakili oleh Irsyadul Ibad, Budhi Hermanto, Bobo dan Muhammad Khayat.

Peserta bersama para PO, Spesialis dan PM berceria bersama

Peserta bersama para PO, Spesialis dan PM berceria bersama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s